Akrabkan Mahasiswa Baru dengan Lingkungan Kampus, HMJ Pendidikan Kimia Gelar Kegiatan SMBK 2021

Pekanbaru (27/10/2021),- Pengenalan budaya akademik dan lingkungan kampus merupakan salah satu kegiatan yang diperlukan oleh mahasiswa baru suatu Universitas agar lebih mengenal dan merasa akrab dengan lingkungan kampus. Kehidupan akademik kampus tentulah berbeda dengan lingkungan sekolah. Oleh karenanya, setiap mahasiswa baru perlu difasilitasi untuk lebih mengenal lingkungan dan kehidupan akademik di kampus. Untuk mahasiswa baru pendidikan kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, kegiatan pengenalan kampus ini difasilitasi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Kimia melalui kegiatan Silaturami Mahasiswa Baru Kimia (SMBK) yang diadakan selama 2 hari, tanggal 16-17 Oktober di lingkungan kampus UIN Suska Riau.

Pembukaan kegiatan SMBK dilakukan di Islamic Center UIN Suska Riau, pada hari sabtu pagi (16-10-2021) yang dihadiri oleh ketua panitia SMBK (Defri Hadi Hidayat) , ketua HMJ (Indra Fatkullah), Sema (Arwan Saputra), Dema (Mudiul Hayat), Pemateri SMBK (Gusti Randa dan Fitri Rosyidah Nur P, S.Pd) dan perwakilan dosen dan prodi Jurusan Pendidikan Kimia, serta mahasiswa baru pendidikan kimia sebanyak 47 orang. Kegiatan dibuka oleh Ketua Jurusan Pendidikan Kimia yang diwakili oleh Ardiansyah, M.Pd. Dalam pembukaanya, Ardiansyah, M.Pd menyampaikan bahwa perlunya mahasiswa berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial agar tidak mencoreng nama besar kampus UIN Suska Riau. Selain itu, mahasiswa diminta melakukan cross-check terhadap berita yang ada sebelum dibagikan di media sosial. Hal ini dilakukan dalam menangkal Hoax. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat lebih akrab dan mengenal lingkungan kampus, maupun antar mahasiswa sendiri.

Kegiatan SMBK yang diadakan selama 2 hari ini berjalan dengan lancar. Hari pertama merupakan acara formal yang mana pembukaan oleh perwakilan ketua jurusan pendidikan kimia dan dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda resmi acara SMBK 2021 dibuka. Setelah pembukaan kegiatan acara pada hari ke-1, dilanjutkan dengan hearing dan caring oleh alumni atau senior pendidikan kimia. Sedangkan acara SMBK hari kedua adalah kegiatan outbound atau happy fun yang dilakukan di bumi perkemahan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Kegiatan SMBK di Islamic Center UIN Suska Riau
Kegiatan pemberian materi SMBK oleh Pemateri

About Admin PKA

Check Also

Pendidikan Kimia UIN Suska Riau Jalin Kerjasama dengan Pendidikan Kimia UNY dan UIN Sunan Kalijaga.

Globalisasi dan digitalisasi telah menghadirkan dunia tanpa batas dalam berinteraksi dengan orang lain yang dikenal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *