Dosen Pendidikan Kimia, Luncurkan Produk Aktualisasi Latsar CPNS “Buku Saku Digital Parafrasa Untuk Menghindari Plagiarisme”

Pekanbaru (29/10/2021), – Plagiarisme merupakan tindakan tidak terpuji dan merugikan orang lain. Seringkali, mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya, berupa penyusunan Skripsi terjebak dalam tindakan plagiarisme. Mahasiswa umumnya mengalami plagiarisme yang tidak disengaja atau disebut technical plagirism. Plagiarisme jenis ini dapat dicegah dengan memberikan mahasiswa pengetahuan tentang jenis, ruang lingkup, dan cara menghindari plagiarisme. Salah satu cara yang efektif menghindari plagiarisme adalah dengan cara parafrasa.

Parafrasa merupakan suatu tindakan menyatakan kembali ide atau gagasan orang lain dengan kalimat kita sendiri tanpa mengubah bentuk makna. Untuk memudahkan mahasiswa memahami tentang dan cara memparafrasa, maka Dosen Pendidikan Kimia sekaligus Peserta Latsar CPNS BDK Padang, Ardiansyah, M.Pd, berinisiatif membuat buku saku digital parafrasa untuk menghindari plagiarisme bagi mahasiswa pendidikan kimia UIN Suska Riau. Di lain kesempatan, Ketua Jurusan Pendidikan Kimia, Bapak Dr. Kuncoro Hadi, M.Sc menyatakan bahwa buku ini sangat baik dibaca oleh mahasiswa dan menyarankan mahasiswa untuk memiliki dan mempelajari buku ini dalam menulis karya ilmiah.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan Buku ini, dapat Anda unduh melalui link berikut :

About Admin PKA

Check Also

Pendidikan Kimia UIN Suska Riau Jalin Kerjasama dengan Pendidikan Kimia UNY dan UIN Sunan Kalijaga.

Globalisasi dan digitalisasi telah menghadirkan dunia tanpa batas dalam berinteraksi dengan orang lain yang dikenal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *