Harumkan nama UIN di Tingkat Dunia, Mahasiswa PKA sabet Penghargaan Penelitian Paling Menjanjikan

Pekanbaru (10/11/2021),- Mahasiswa Pendidikan Kimia raih penghargaan pada acara Konferensi Ilmiah Internasional bertajuk Insan Junior Researchers International Conference (IJURECON). Konferensi yang bertema STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, Mathematics) for A Better Life ini dilaksanakan secara virtual selama 2 hari, 15-16 Oktober 2021 yang ditaja oleh Genius Insan College dan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) .

Kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan bakal ilmuan pemikir Islam yang berteraskan pada al-Quran dan al-Sunnah dari awal usia. Sehingga yang berhak mengikuti acara ini adalah para peneliti remaja tingkat sekolah menengah dan universitas dalam berbagai bidang keilmuan yang terbagi menjadi tiga cakupan yakni Pure Science, Applied Science, dan Social Science. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangunan modal insan di kalangan remaja dengan memahami, mentafsir, menghafaz dan mengaplikasi al-Quran dan al-Sunnah dalam kehidupan serta menghubungkaitkannya dengan sains, teknologi, matematik dan seni serta mampu membangunkan tradisi keilmuan Islam dan mencetuskan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kesepaduan ilmu aqli dan naqli.

Pada kegiatan ini, mahasiwa Pendidikan Kimia UIN Suska Riau yang beranggotakan Rosalina Fitri Anisa dan Reyna Tika Pratama mendapatkan Penghargaan Kategori “Penelitian Paling Menjanjikan” melalui judul “Implementation of PrBL Model Using STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, Mathematics) Based Approach in Madrasah Aliyah Of 2 Model Pekanbaru”. Penghargaan ini bisa didapatkan karena adanya bimbingan yang intensif dari Pembimbing sekaligus Ketua Jurusan Pendidikan Kimia, yaitu Bapak Dr. Kuncoro Hadi, M.Sc. Dalam kesehariannya, memang Pak Kuncoro aktif dalam penelitian dan pengajaran integrasi islam dan kimia.

Kegiatan konferensi ilmiah internasional memberi kesan yang luar biasa dan antusias dari peserta maupun penyelenggara sangat berati dalam membangkitkan motivasi. melalui kegiatan tersebut dapat memberikan insight positif bagi perkembangan pendidikan. Harapannya melalui kegiatan ini dihasilkan generasi yang bisa memadukan islam dan sains.

About Admin PKA

Check Also

Pendidikan Kimia UIN Suska Riau Jalin Kerjasama dengan Pendidikan Kimia UNY dan UIN Sunan Kalijaga.

Globalisasi dan digitalisasi telah menghadirkan dunia tanpa batas dalam berinteraksi dengan orang lain yang dikenal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *