Pendidikan Kimia UIN Suska Riau Melaksanakan Visiting Lecturer “Publikasi Ilmiah dan Persiapan Menjadi Profesor”.

Dosen dan mahasiswa seyogyanya mampu memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat. Solusi dapat berupa hasil pemikiran ataupun hasil penelitian yang dituangkan dalam bentuk buku, karya ilmiah, karya monumental, teknologi tepat guna, dan paten. Karya ilmiah merupakan karya tulis yang disusun secara sistematis dengan menerapkan kaidah-kaidah ilmiah. Untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas, maka penulis wajib menyusunnya secara logis, sistematis, dan mudah dipahami. Salah satu langkah efektif agar seseorang bisa menulis karya ilmiah dengan baik adalah belajar langsung dengan para ahli, seperti Guru Besar (Profesor) untuk menggali pengalaman dan kiat dalam menulis karya ilmiah.   

Program Studi Pendidikan Kimia UIN Suska Riau melakukan kegiatan Visiting Lecturer pada hari Jumat, 22 November 2022, dengan Tema “Publikasi Ilmiah, h-indeks, dan Persiapan Menjadi Profesor” dalam rangka meningkatkan literasi mahasiswa dan dosen tentang karya ilmiah serta meningkatkan kompetensi mahasiswa dan dosen dalam menulis karya ilmiah, baik berupa buku, artikel ilmiah, maupun tulisan ilmiah lainnya. Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan ini adalah Prof. Dr. Deni Dermawan, S.Pd. M.Si, M.CE yang merupakan Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dalam bidang Teknologi Pendidikan. Kegiatan ini dilakukan secara Hybrid, yaitu online melalui platform Zoom Meeting, dan offline di Ruang Cokelat Lantai 2 Gedung Dekanat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Selain mengadakan kegiatan Vising Lecturer, Pendidikan Kimia UIN Suska Riau juga mengadakan Perjanjian Kerja Sama dengan Pascasarjana Teknlogi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Diharapkan kegiatan Visiting Lecturer dan  kerja sama ini dapat memberikan kontribusi dan dampak positif terhadap kemajuan program studi kedua belah pihak, khususnya dalam publikasi karya ilmiah dan rekognisi. Selain itu, juga diharapkan ada dosen Pendididikan Kimia UIN Suska Riau yang menjadi Guru Besar dalam beberapa tahun ke depan. Amiin.   

About Admin PKA

Check Also

PARA DOSEN PRODI PENDIDIKAN KIMIA MELAKSANAKAN KEGIATAN FGD TENTANG “PEMETAAN PENELITIAN PRODI PENDIDIKAN KIMIA”

Pekanbaru, 30/11/2022– Program Studi Pendidikan Kimia mengadakan kegiatan FGD untuk meningkatkan kemampuan akademik para dosen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *