DOSEN PENDIDIKAN KIMIA MENGIKUTI PELATIHAN PENGUATAN PRAKTIK MENGAJAR (PPL PROGRAM) BERSAMA TANOTO FOUNDATION

Pekanbaru, 23/04/2022 – Kegiatan pelatihan yang dimulai pada tanggal 24 Maret – 14 April 2022 ini diselenggarakan atas kerjasama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau dengan Tanoto Foundation. Peserta pada kegiatan ini terdiri dari unsur dosen dan guru yang bertindak sebagai fasilitator, dosen pembimbing lapangan (DPL) dan guru pamong (GP). Para DPL dan GP dikelompokkan kedalam bidang kajian sesuai dengan keahlian masing-masing. Teknik kegiatan dilakukan secara sinkronous dan asinkronous dengan pembahasan kajian pemahaman konsep, penyusunan perangkat pembelajaran dan praktek mengajar. Pada bagian pemahaman konsep para DPL dan GP diberikan materi sekaligus penugasan secara asinkronous oleh fasilitator melalui LMS Tanoto Foundation yang membahas tentang telaah kurikulum, umpan balik dan penilaian, serta keterampilan khas IPAS-Matematika-Bahasa Indonesia. Selanjutnya, pada bagian penyusunan perangkat pembelajaran ini mewajibkan para DPL dan GP untuk menyusun perangkat mata pelajaran sesuai dengan bidang kajian IPA, IPS, Matematika dan Bahasa Indonesia yang mana pemilihan mata pelajaran tersebut dipilih sesuai bidang keahlian masing-masing. Setelah dilakukan penyusunan perangkat maka para DPL dan GP secara bersama-sama melaksanakan praktik pembelajaran secara langsung di sekolah mitra Tanoto Foundation serta diakhiri dengan sesi refleksi praktik pembelajaran pada tanggal 14 April 2022 secara sinkronous melalui zoom meeting.

Adapun daftar nama dosen pendidikan kimia yang mengikuti kegiatan ini yaitu, Pangoloan Soleman R, S.Pd., M.Si ; Elvi Yenti, S.Pd., M.Si ; Ira Mahartika, M.Pd dan Arif Yasthophi, S.Pd., M.Si.

Kegiatan ini memiliki tujuan sebagai landasan awal dalam memperbaiki kualitas pengajaran serta memberikan pemahaman konsep praktik pembelajaran kepada para mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan PPL nantinya. Harapannya yaitu agar kegiatan PPL Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dapat berjalan dengan sukses serta mahasiswa memiliki kemampuan praktik pembelajaran yang baik dan berkualitas serta implementasi dilapangan sesuai dengan kebutuhan.

Kontributor : Ira Mahartika, M.Pd

Editor : Ardiansyah, M.Pd

About Admin PKA

Check Also

Pendidikan Kimia UIN Suska Riau Jalin Kerjasama dengan Pendidikan Kimia UNY dan UIN Sunan Kalijaga.

Globalisasi dan digitalisasi telah menghadirkan dunia tanpa batas dalam berinteraksi dengan orang lain yang dikenal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *